Membaca Tab (Tablature) Gitar

Meskipun kelihatan rumit, belajar membaca tablature gitar cukup sederhana.

Saya akan sedikit menjelaskan konsep dasar membaca tablature gitar.

Tab untuk gitar memiliki 6 garis horizontal, masing-masing mewakili satu string (senar). Garis bawah merupakan string (senar) terendah “E”, baris kedua dari bawah merupakan string (senar) “A”, dst.

Perhatikan gambar diatas, ada angka yang terletak tepat di tengah garis (alias string). Angka-angka itu yang  mewakili fret tab.

Sebagai contoh, dalam ilustrasi di atas, tab memberi tahu Anda untuk memainkan string ketiga (baris ketiga) pada fret ketujuh.

Catatan: Bila angka “0” digunakan dalam tablature, ini menunjukkan bahwa string terbukalah yang harus dimainkan.

Ini adalah konsep membaca tablature gitar, dan itu yang paling dasar. Sekarang mari kita mulai membaca notasi tablature gitar yang lebih komplek, termasuk cara membaca chord di tablature gitar.

Membaca Chord di Tab Gitar

Membaca chord dalam tablature gitar adalah proses yang relatif sederhana. Ketika tab menampilkan serangkaian angka, ditumpuk vertikal, itu berarti kita memainkan semua nada pada waktu yang sama. Tablature di atas menunjukkan bahwa Anda harus memainkan nada dalam chord E mayor (fret kedua pada string kelima, fret kedua pada string keempat, fret pertama pada string ketiga) dan memetik semua string(enam senar) sekaligus.

Seringkali, tablature tambahan akan mencakup nama chord (dalam hal ini E mayor) di atas tablature, untuk membantu gitaris mengenali chord yang lebih cepat.

Membaca Chord Arpeggios di Tab Gitar

Tablature di atas berisi nada yang sama persis seperti chord E  mayor pada gambar sebelumnya, tetapi akan dimainkan secara berbeda. Dalam situasi ini, nada dalam chord akan dimainkan satu per satu. Anda mungkin akan bertanya “Seberapa cepat saya harus bermain nada ini?”. Pertanyaan bagus…

Kekurangan dari Tab Gitar

Tidak adanya notasi berirama (rhythmic notation) adalah kelemahan terbesar dari tablature gitar. tablature gitar kebanyakan tidak mencatat notasi irama dengan cara apapun, jadi jika Anda belum pernah mendengar bagaimana bagian gitar lagu yang sedang Anda mainkan, Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui berapa lama untuk terus memainkan masing-masing nada dalam Tab yang anda mainkan. Beberapa tablature gitar berusaha untuk memasukkan irama (rhythms), dengan meletakkan batang pada setiap nomor (untuk menunjukkan nada seperempat, nada seperdelapan, dll), tetapi kebanyakan gitaris melihat cara ini rumit untuk dibaca. Dan selain itu, jika Anda akan menyertakan notasi ritmik tradisional di tab gitar, mengapa tidak menuliskan semuanya dalam notasi standar?

Masalah besar lain dengan tablature gitar: hanya gitaris hanya bisa membacanya.

Sementara “notasi standar” dibaca oleh mereka yang memainkan alat musik apapun.

Tab hanya untuk gitaris, sehingga mereka yang tidak bermain gitar tidak akan dapat memahaminya. Hal ini membuat komunikasi apapun dengan pemain musik piano, atau musisi lain, sangat sulit.

Berikut ini Adalah Simbol Yang Digunakan dalam tablature Gitar

Leave a comment